17 Anggota Pramuka Kutim diberangkatkan Ikuti Jambore Pramuka Dunia ke 25 di Korea Selatan

BERITAHARIANKALTIM.com –SANGATTA –Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang melepas kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kutim untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-25 (25 th World Scout Jambore) tahun 2023 di Korea Selatan. Pelepasan tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Kutai Timur, Rabu (26/7/2023).

Belasan anggota Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kutim tersebut tergabung dengan 1.584 pramuka lainnya di Indonesia, yang akan mengikuti kegiatan tersebut selama 12 hari, mulai tanggal 1 – 12 Agustus 2023 di Sea Man Geum, Korea Selatan.

Dalam sambutannya, Wabup Kasmidi Bulang mengatakan bahwa salah satu misi mengikuti jambore pramuka dunia adalah untuk memperkenalkan Kabupaten Kutim di kancah internasional bahwa gerakan kepanduan dan kepramukaan di Kutim ada dan aktif.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim, Asti Mazar, menjelaskan bahwa untuk menjadi peserta jambore pramuka dunia harus melewati tahapan seleksi yakni seleksi gugus depan atau sekolah yang diikuti oleh seluruh peserta tingkat SMP dan SMA/SMK. Selanjutnya seleksi di tingkat ranting atau kecamatan dan seleksi tingkat kwarcab atau kabupaten.

Selain itu, terpilihnya 17 Anggota Pramuka terbaik dari Kwartir Cabang Kutim juga memperhatikan keaktifan di gugus depan, yang dibuktikan dengan SKU dan SKK, kemampuan Bahasa Inggris, pengetahuan budaya dan seni Indonesia, terkhusus seni di Kutai Timur.

Ketatnya seleksi itu, juga di konfirmasi oleh salah satu Bina Damping (bindam) yaitu Daud Boro, yang juga akan berangkat ke Jambore Pramuka Dunia ke 25 2023.

“Kepada adik-adik yang telah terpilih, agar menjaga kesehatan dan bawa nama baik Kutim di kanca internasional. Karena ini adalah kesempatan emas diberikan kepada kalian semua. Tetap jaga disiplin, tertib Pramuka yang diajarkan oleh Kakak kwartir cabang, agar tidak mencoreng nama bangsa, nama daerah, dan nama Kutai Timur sendiri,” pesannya.

Untuk diketahui, berikut adalah daftar nama anggota pramuka Kutim yang akan mengikuti kegiatan tersebut,

Regu Putra

Muhammad Aulia Rizki saputra (SMA Negeri 1 Sangatta Utara)

Muhammad Rabial Pratama ( SMA Negeri 1 Sangatta Utara)

Ahmad Fauzan Muharram ( SMA Negeri 2 Sangatta Utara)

Nathan Omar Albani (SMA Negeri 2 Sangatta Utara)

Attakiziah Header ravid (SMP IT Darrusalam Sangatta)

Eden Eizenwod Allo todang (SMA Negeri 2 Sangatta Utara)

Juliannur Rasyid (SMA Negeri 2 Sangatta Utara)

Muhammad Rian Rizky Sanjaya (SMA Negeri 10 Samarinda)

Regu Putri

Avifa Zafrani (SMA Negeri 1 Sangatta Utara)

Ajeng ardianti Utami (SMK Negeri 1 Sangatta Utara)

Herla Febriani Karhan ( SMA Negeri 1 Teluk Pandan)

Mutiara ranterara patoding (SMPK Asisi Sangatta Utara)

Nadin Dwi Cristani (SMA Negeri 2 Sangatta Utara)

Elkawiaresias Septadela (SMP Negeri 1 Kaubun)

Evon Dendang (SMA Negeri 2 Sangatta Utara)

Naura gresmorisete Samosir (SMA Negeri 2 Sangatta Utara)

Nurul Fazirah (SMA Negeri 1 Sangatta Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *