4 Juni Calon Jama’ah Haji Kutim Di Berangkatkan

beritahariankaltim.com, Sangatta – Sebanyak 172 calon haji (calhaj) dari Kabupaten Kutai Timur (Kutim) siap diberangkatkan menuju Tanah Suci di Arab Saudi untuk melaksanakan rukun kelima.

Dari siaran pers, Kementerian Agama (Kemenag) RI Kutim melalui Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) siap memberangkatkan calhaj Kutim.

Nantinya direncanakan dilepas oleh Bupati Kutim di Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi.

Kepala Kemenag Kutim Mulyadi Mugeni melaporkan jika seluruh perlengkapan calhaj Kutim yang baru tiba sebanyak 93 koper dan sisanya pada Senin (29/5/2023).

Untuk tahap pertama, dirinya memprioritaskan untuk calhaj dari luar Sangatta Utara dan Selatan.

“Nantinya calon jamaah haji Kutim masuk kloter 7, bergabung dengan 34 jamaah asal Samarinda dan 82 asal Kutai Kartanegara (Kukar). Ditambah 6 petugas haji, sehingga total terdapat 300 jamaah,” jelasnya.

Selanjutnya jamaah kloter 7 diberangkatkan ke Tanah Suci pada Minggu (4/6/2023) pada pukul 07.45 Wita, dari Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, dan diperkirakan tiba pada pukul 15.30 waktu Madinah.

“Calhaj Kutim kondisinya sekarang dalam keadaan sehat semua berdasarkan info dari tenaga kesehatan haji Indonesia. Hanya ada 2 orang lansia bersama kita, dan 5 orang menggunakan kursi roda,” sebutnya.

Kemenag menyebut, untuk dua jamaah lansia yakni berusia 83 dan 89 tahun, sebagai jamaah kategori prioritas akan selalu dikawal, diawasi dan dipantau perkembangannya. Baik oleh tenaga kesehatan, pembimbing ibadah, ketua rombongan hingga ketua regu, nantinya mereka akan bersinergi bersama.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setkab Kutim Sahman mengutarakan untuk rencana pelepasan calhaj dari Pemkab Kutim telah siap 100 persen.

“PPIH Kutim sudah siap, nantinya dilepas oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. Rombongan calhaj akan diberangkatkan menggunakan 4 bis dan beberapa mobil kecil,” urainya.

Nantinya, untuk jamaah haji menggunakan 4 bus, sementara itu bagasi jamaah diangkut dengan 2 truk. Rombongan akan dikawal oleh PPIH Kutim, Kepolisian, Dishub dan Satpol PP hingga ke Embarkasi Haji Batakan Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *