480 Peserta Siap Berlaga Di MTQ Tingkat Provinsi Kaltim, di Balikpapan

 

beritahariankaltim.com, BALIKPAPAN – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 berlangsung meriah pada Selasa (16/5/2023) malam.

Pembukaan tersebut secara resmi dibuka oleh Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Timur, H.M. Syirajudin.

Acara dimulai dengan pemukulan bedug dan diiringi oleh pemukulan rebana, yang berlangsung di Arena Utama Halaman Gedung Dome Balikpapan.

H.M. Syirajudin, mewakili Gubernur Kaltim, menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyambut baik terselenggaranya acara ini.

Dia juga mengucapkan selamat dan sukses atas digelarnya Musabqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2023.

“Semoga acara ini berlangsung lancar dan menghasilkan para juara yang berkualitas dan menjadi kebanggaan kita bersama,” harapnya.

Menurutnya, MTQ adalah ajang lomba keagamaan yang harus menjaga kesuciannya, sekaligus sebagai pemicu semangat dan motivasi untuk membaca, menghafal, mempelajari, dan mengamalkan Al Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan dunia dan akhirat.

“Kita bangga dan bersyukur karena semangat membaca dan mempelajari Al Qur’an di masyarakat semakin meningkat, yang ditandai dengan bertumbuhnya tempat-tempat pengajian Al Qur’an (TPA) yang diikuti oleh anak-anak usia dini, remaja, hingga dewasa,” ucapnya.

Hal ini, lanjutnya, perlu terus kita kembangkan agar Al Qur’an tetap terjaga dan generasi umat Islam mendatang menjadi insan-insan yang saleh dan salehah, yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta senantiasa mencintai Al Qur’an.

Dengan mengikuti hikmah Al Qur’an dan dengan digelarnya MTQ ke-44 di Kota Balikpapan ini, kita berharap juga akan berdampak positif terhadap terciptanya daerah yang aman dan damai, serta mendapatkan ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Acara pembukaan MTQ juga dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir MTQ Tk. Prov. Kaltim dari Sekda Kutai Kartanegara, H. Sunggono, kepada Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Timur, H.M. Syirajudin, untuk kemudian diserahkan kepada Wali Kota Balikpapan selaku Ketua Pelaksana MTQ Tk. Prov. Kaltim ke-44 Tahun 2023, untuk diperebutkan kembali.

Hadir dalam acara pembukaan Ketua Panitia Penyelenggara MTQ Tk. Prov. Kaltim ke-44 Tahun 2023 oleh Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kaltim, H. Abdul Khaliq, Ketua MUI Kaltim, K.H Muhammad Rasyid, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, Bupati Paser, dr Fahmi Fadli, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi, Mantan Menteri Agama pada Kabinet Gotong Royong (2001-2004), Said Agil Munawar, Para Official dan Anggota Kafilah MTQ se-Kaltim.

Sebanyak 487 peserta bersaing mengikuti sepuluh cabang lomba pada Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ) ke-44 Provinsi Kalimantan Timur yang berlangsung di Kota Balikpapan.

Ketua Panitia Tim Verifikasi MTQ Provinsi Kaltim, Muhammad Isnaini, mengatakan seluruh pemerintah Kabupaten dan Kota se- Kaltim telah mengirimkan delegasinya dan sudah tiba di Balikpapan.

“Para peserta yang hadir akan kami verifikasi dulu legalitas, ada sejumlah daerah yang telah selesai diverifikasi dan sisanya dilaksanakan besok,” kata Isnaini di Balikpapan, Selasa.

Menurut Isnaini kontingen yang sudah menjalani verifikasi diantaranya Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Bontang dan Kutai Barat.

“Sedangkan kafilah Berau, Kutai Timur, Paser, Samarinda, Balikpapan dan Mahulu, akan diverifikasi menjelang lomba,” katanya.

Menurut Isnaini secara umum proses verifikasi peserta ini tidak mengalami kendala berarti dan relatif berjalan lancar meskipun agak terlambat dari jadwal karena tim bekerja dulu melayani kedatangan peserta hingga selesai.

“Kita berharap MTQ di Balikpapan berlangsung lancar sesuai jadwal hingga 21 Mei 2013 nanti, Kami berharap panitia bisa bekerja dengan baik dan mendapat dukungan masyarakat Balikpapan,” katanya.

Diketahui, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 44Tingkat Provinsi Kaltim di Kota Balikpapan akan dibuka secara resmi di Arena Utama MTQ BSSC Dome, Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *