70 Stan Ekspo Siap Memeriahkan MTQ Provinsi Kaltim di Balikpapan

beritahariankaltim.com, BALIKPAPAN, – Guna mendukung pelaksanaan lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 Kaltim yang diadakan di Kota Balikpapan pada tahun 2023 ini.

Pemkot Balikpapan melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan membuka kegiatan Expo MTQ yang dilaksanakan di Balikpapan Sport and Covention Center (BSCC) Dome dari 16-21 Mei 2023.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyambut baik diselenggarakannya expo ini yang memanfaatkan momentum kemeriahan pelaksanaan MTQ untuk ikut memajukan usaha dan industri kecil, sekaligus kesempatan untuk mempromosikan diri agar ke depannya dapat semakin berkembang.

“Expo ini merupakan nilai tambah dari MTQ selain sebagai ajang lomba dan kompetisi tilawatil qur’an, juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih mengenal produk buatan lokal yang kualitasnya mampu bersaing, baik berupa fashion, kuliner dan juga berbagai bentuk karya seni,” ujar Rahmad Mas’ud saat membuka kegiatan, Selasa (16/5/2023).

Diharapkan expo ini mampu semakin menumbuhkan iklim industri kreatif di kota Balikpapan pada khususnya, dan Kaltim pada umumnya.

Ke depannya, semoga segmen pasar bagi para pelaku usaha ini akan semakin luas dan besar, diikuti dengan upaya yang berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas produk agar terus mendapatkan tempat di dalam persaingan yang semakin ketat, dan juga bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas.

“Sejalan dengan semangat kolaborasi dan sinergi, saya mengajak seluruh pelaku usaha kecil dan industri kreatif yang ada di Kaltim untuk bersama-sama memanfaatkan momentum pembangunan ibu kota negara,” akunya.

“Dengan semakin lengkapnya infrastruktur yang diharapkan berdampak pada semakin lancarnya proses produksi, distribusi barang, dan pemasaran,” sambungnya.

Tak lupa dirinya juga meminta dukungan masyarakat terhadap pelaku usaha kecil, agar tumbuh semakin kuat dan bisa menjadi tumpuan ekonomi daerah yang berkelanjutan

Sementara itu, Kepala DKUMKMP Kota Balikpapan Heruressandy mengatakan, pihaknya sebagai koordinator pameran Expo MTQ Ke-44 Kaltim, total ada 70 stan baik kuliner, fashion, kerajinan.

“Sebagian ada binaan DKUMKMP dan dari Forum Ekfrat Balikpapan sehingga berkolaborasi,” akunya.

Untuk pelaksaan expo ini mulai 16-21 Mei yang turut diikuti beberapa perwakilan kafilah yang ikut MTQ kali ini, juga dimeriahkan berbagai perlombaan yang harapannya mendatangkan kunjungan ke Dome.

“Lombanya ada kasidah, rebana, mewarnai pildacil, dan drum band,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *