Baznas Sudah Banyak Memberi Manfaat Bagi Masyarakat

Beritahariankaltim.com, Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutim yang telah berperan aktif membantu masyakat melalui program-program kerjanya. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutim Rizali Hadi saat hadir mewakili Bupati pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 Baznas di Masjid Agung Al Faruq, Komplek Islamic Center di Bukit Pelangi, Sangatta, Selasa (17/1/2022) sore.

Pada kegiatan yang dirangkai dengan tasyakuran dan khataman Al-Qur’an tersebut, Rizali Hadi menyebut bahwa Baznas Kutim sudah melakukan banyak hal dan memberikan manfaat bagi masyarakat di kabupaten ini.

“Baznas dalam ulang tahunnya 22 dan Baznas Kutim ke 10 tahun, saya ucapkan selamat. Dalam perjalannya yang sudah dilakukan, banyak memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya umat Islam,” kata Seskab.

Bahkan kiprah Baznas Kutim sudah eksis sejak periode kepemimpinan Bupati H Isran Noor dan Wabup H Ardiansyah Sulaiman. Oleh karena itu Pemkab Kutim tentunya memberikan apresiasi tinggi kepada Baznas. Diharapkan semakin hari, Baznas dapat tumbuh bersama pemerintah daerah dalam mengatasi kesenjangan di masyarakat. Mengatasi kemiskinan dan khususnya umat islam yang sangat membutuhkan dukungan dan bantuan.

Harapan lainnya yang disampaikan Rizali adalah Muzakki (orang yang menunaikan zakat, red) di Kutim semakin banyak dan terus bertambah. Sehingga jumlah Mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat, red) semakin berkurang. Wilayah Kutim yang luas mencakup 149 desa di 18 kecamatan menjadi penyebab kesenjangan di masyarakat. Masyarakat di pelosok seperti di Sandaran dan Busang tentu masih membutuhkan uluran tangan sesama.

“Tugas ini bukan hanya Baznas, tetapi juga tugas pemerintah, untuk wujudkan masyarakat Kutim sejahtera untuk semua,” katanya.

Sebelumnya Ketua Baznas Kutim KH Masnif Sofwan pada peringatan HUT ke 22 Baznas dan ke 10 Baznas Kutim ini berharap, Baznas Kutim bisa membantu pemerintah untuk mensejahterakan umat. Perayaan HUT ke 22 Baznas secara nasional di seluruh Indonesia kali ini tak hanya disyukuri, namun juga momen untuk membantu sesama. Memberikan santunan kepada yang berhak menerima.

“Seperti hari ini Baznas Kutim memberikan santunan khitanan massal. Kami dijatah 3 anak tapi yang daftar 15. Mundur (tidak jadi, red) 3, jadinya 14 anak. Sebelumnya juga telah mengadakan khitan massal di Kecamatan Sandaran sebanyak 110 anak,” jelasnya.

Kemudian Baznas juga melakukan sesuai program nasional, menyerahkan santunan untuk duafa sebanyak 25 orang dan ketiga adalah khataman Al-Qur’an. Ditambahkan olehnya, Baznas Kutim akan konsisten dengan regulasi Pemerintah Pusat dan tidak akan menyimpang dari peraturan yang telah ditentukan. Sehubungan hal itu, dia berharap dukungan dan kepercayaan. Sehingga Baznas bisa membantu Pemkab secara lebih luas

Acara diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Seskab Kutim Rizali Hadi yang selanjutnya diberikan kepada Ketua Baznas Kutim KH Masnif Sofwan. Nampak hadir pada acara sederhana tersebut diantaranya, Ketua Dewan Pengawas Baznas Kutim H Abdul Kadir dan Wakil Ketua II Moh Abdullah serta beberapa pengurus lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *