BPBD Gelar Pelatihan, Salah satu Bentuk Pengabdian Masyarakat

Beritahariankaltim.com, Sangatta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Kutim) Menggelar pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas SDM dalam pengembangan sistem informasi dan manajemen pengelolaan dana pengendalian serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan TA 2021.

Berlangsung di hotel grand Victoria Sangatta, agenda juga dihadiri oleh asisten Pamkesra Suko Buono, Kepala, Sekertaris BPBD dan tiap-tiap perwakilan lembaga peserta pelatihan.

Kepala BPBD Syafruddin melalui sekertarisnya Edy Mardian menyampaikan, acara pada hari ini meliputi peningkatan kapasitas dari segi administrasi pengelolaan dana, juga terkait dengan kapasitas dalam hal operasional penanggulangan bencana kahutla.

“Terkait hal itu, materi yang disampaikan pada hari pertama terjadi dengan pengelolaan administrasi anggaran nantinya akan disampaikan oleh inspektorat wilayah, kemudian pada hari berikutnya terkait dengan pengelolaan kebijakan pengelolaan anggaran tapi juga sekaligus kegiatan operasional penanganan untuk kahutla, yang akan disampaikan oleh pusat kebijakan strategis,” kata Edi, Senin (25/10/2021).

Peserta pelatihan sendiri terdiri dari sebagian besar anggota BPBD, MDMC, Bapedda, Masyarakat Peduli Api (MPA), Perwakilan Masyarakat Rantau Pulung, BPKAD.

Pada kesempatan yang sama Suko Buono mewakili pemerintah Kabupaten Kutai Timur menyampaikan pada awak media yang ada, bahwa pada hari ini BPBD telah melangsungkan acara yang berkaitan peningkatan kapasitas SDM serta pengendalian informasi dari proses pengelolaan keuangan.

“Dan ini tentunya dibackup dengan dana registrasi. Ini adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terlebih dalam kondisi dan situasi saat ini lagi musim hujan dan kondisi wilayah kita rawan bencana. Sekalipun kadang sekali-sekali bahwa ada panas secara ekstrem,” ucapnya.

Dirinya berharap ini menjadi bagian dari pengabdian pada masyarakat dan visi misi dar Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman. Karena memang berkaitan dengan kahutla ini adalah proses tanggung jawab bersama bagi seluruh lembaga pemerintahan yang ada di Kabupaten Kutim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *