Bupati Kutai Timur Dorong Peningkatan Hasil Panen dan Ekonomi Kerakyatan di Desa Persiapan Tepian Budaya

Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, turut menghadiri Pesta Panen di Desa Persiapan Tepian Budaya, Kecamatan Bengalon, pada Senin (6/5/2024), dengan misi jelas: mendorong peningkatan hasil panen dan mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Dalam sambutannya, Ardiansyah menegaskan komitmen Pemkab Kutim untuk memberikan bimbingan kepada para petani dalam meningkatkan hasil panen, khususnya jenis padi gunung yang dominan ditanam di desa tersebut.

“Kami akan melibatkan Kepala Dinas Pertanian untuk memberikan arahan teknis kepada masyarakat, mulai dari peningkatan hasil produksi hingga penanggulangan hama dan penyakit tanaman,” ungkapnya.

Selain itu, Ardiansyah juga menggarisbawahi potensi besar Kutai Timur dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan, dengan menyoroti keberhasilan pisang kepok sebagai komoditas unggulan.

“Pisang kepok Kutai Timur sedang booming di tingkat nasional. Ini merupakan peluang emas bagi masyarakat setempat untuk mengoptimalkan lahan kosong dan meningkatkan pendapatan mereka,” jelasnya.

Dengan permintaan pisang kepok yang terus meningkat, Ardiansyah mendorong masyarakat untuk menanam pisang kepok sebanyak mungkin di lahan-lahan yang tersedia.

“Mari manfaatkan peluang ini dengan menanam pisang kepok sebanyak-banyaknya. Ini bukan hanya kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, tetapi juga untuk memperkokoh ekonomi kerakyatan di Kutai Timur,” tandasnya.

Kehadiran Bupati Ardiansyah di Pesta Panen Desa Persiapan Tepian Budaya bukan sekadar kunjungan, melainkan langkah konkret dalam mendukung kesejahteraan masyarakat pedesaan. Dengan dukungan dan bimbingan yang diberikan, diharapkan para petani dan masyarakat desa tersebut dapat meraih hasil panen yang lebih baik serta mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan dengan lebih optimal.(adv/shn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *