Dinsos Kutim Berhasil Tangani Satu Pasien ODGJ Hingga Sembuh

Beritahariankaltim.com, SANGATTA – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) baru-baru ini membantu proses pemulihan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berasal dari Kecamatan Teluk Pandan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinsos Kutim, dr Ernata Hadi Sujito mengatakan ODGJ ini tinggal bersama adiknya.

“Semasa dia masih sakit adiknya tidak mau menerima, lingkungan sekitar juga tidak menerima, tetapi kita berikan pemahaman,” ucapnya.

Pihaknya dapat memahami apabila keluarga tidak bisa menerima karena awam pengetahuan terkait penanganan terhadap ODGJ.

Diketahui Dinsos Kutim bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk masalah kesehatan. Sedangkan fasilitas pembiayaan dari Dinsos.

“Karena untuk kesehatan ada di Dinkes, mereka yang faham apabila sewaktu-waktu pasien ini mengamuk, Dinsos tidak punya alat atau obat untuk penenang” ungkapnya.

Semulanya pasien diserahkan penanganannya pada Puskesmas yang ada di Teluk Pandan, dan kemudian di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga.

Dari situ penanganan dikawal oleh Dinkes dan Dinsos hingga sembuh dan sekiranya aman. Namun tidak hanya sampai situ, hingga kini Ernata masih berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk mengkontrol perkembangan.

“Saya masih sering berkomunikasi dengan keluarganya apakah sudah lebih baik, ada perkembangan atau tidak. Atau misal tidak berkembang,” terangnya.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *