Dispar Adakan Pelatihan Promosi Produk Wisata, Harap Dapat Tingkatkan Potensi Wisata Kutim

Beritahariankaltim.com, Sangatta – Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar pelatihan promosi pengembangan produk wisata susur Sangatta di Hotel Royal Victoria, jalan Abdul Wahab Syahranie, Rabu (27/10/2021).

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Nurullah menyampaikan dispar saat ini tengah fokus untuk wisata susur sungai, dalam rangka meningkatkan perekonomian pemilik ponton yang telah lama menganggur pasca dibangunnya jembatan yang menghubungkan kecamatan Sangatta utara- Sangatta Selatan.

“Maka dari itu kita akan adakan ponton nanti ini supaya bisa masuk dalam salah satu wisata kita. Kita rencanakan kedepan tidak hanya sampai disini, nantinya kita akan modifikasi ponton itu supaya menarik Dimata wisatawan,” kata Nurullah.

Saat ini dispar telah menyusun konsep untuk mengecat atau mempercantik satu persatu ponton yang dimiliki masyarakat. Perencanaan pengadaan pariwisata susur sungai Sangatta ini bukan tanpa perencanaan yang matang tentunya. Pihaknya telah terlebih dahulu terjun untuk melihat situasi dan kondisi sekitar.

Hal senada di sampaikan oleh anggota komisi B Basti Sanggalangi yang turut memberikan sambutan. Ia menyampaikan rasa bangganya karena dengan adanya pelatihan ini. Agar supaya perkembangan-perkembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Kutim ini bisa dipromosikan.

“Kutim ini salah satu daerah dengan wisata terbanyak kalau boleh saya bilang, tetapi tidak dikelola dengan sangat baik. Padahal umur Kutim sendiri sudah 22 tahun. Tetapi belum ada yang bisa menuntaskan pendapatan daerah terhadap wisata-wisata yang ada di Kutim,” ucapnya.

Basti, sapaan akrabnya mengaku jika dirinya telah berkelana keseluruh daerah di Kutim dan mendapatkan banyak sekali potensi wisata yang seharusnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) namun tak kunjung dikelola dengan baik.

“Nah mari kita dorong kepada pemerintah agar bagaimana daerah pariwisata kita ini dikembangkan. Karena yang menikmati tidak hanya pemerintah, tetapi juga masyarakat dalam maupun luar Kutim sendiri. Tapi yang paling utama harus kita konsepkan adalah fasilitas yang diberikan,” harapnya.

Pelatihan ini akan berlangsung hingga pukul 18.00 WITA dengan penyampaian materi beberapa dosen terbaik jurusan pariwisata dari Politeknik Negeri Samarinda.

Dibuka langsung oleh Asisten dua Suroto mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang berhalangan hadir. Membawa pesan dari Bupati Kutim, yang berisikan, memberikan semangat yang luar biasa dan terus mendukung pelatihan untuk meningkatkan potensi pariwisata yang ada di Kutim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *