Fotografi Tingkatkan Promosi Destinasi, Hetifah Fasilitasi Penguatan Pelaku Fotografi se-Kalimantan Timur

Beritahariankaltim.com, SAMARINDA – Fotografi merupakan salah satu dari 17 Sub sektor yang sangat penting, karena mendukung sektor-sektor lainnya yang berperan penting dalam memberikan nilai tambah. Hal tersebut mengemuka dalam Diskusi Penguatan bagi para pelaku Fotografi, bertajuk “Optimalisasi Pelaku Ekonomi Kreatif di Bidang Fotografi di Kalimantan Timur” pada Sabtu (10/06/2023) dengan mengundang 100 orang fotografer se-provinsi Kalimantan Timur

Kegiatan yang diinisiasi oleh Hetifah Sjaifudian ini merupakan rangkaian kegiatan penguatan fotografi yang dilaksanakan sejak Mei 2023 dimulai dari webinar, lomba-lomba foto, pelatihan, hingga sertifikasi bagi para pelaku foto. Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hadir Kurleni Ukar (Staf Ahli Menteri Kemenaprekraf RI), I Wayan Lanang Nala (Koordinator Bidang Riset, Standarisasi dan Sertifikasi Usaha Ekraf Dispar Kaltim), narasumber Ricky Purnamahadi dan Ridha Nugrotopo.

Kurleni Ukar menyatakan pentingnya peran pariwisata dalam pertumbuhan ekonomi, meningkatkan komitmen dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia di bidang Ekonomi Kreatif. Sebagai bangsa yang kaya, ekonomi kreatif diharapkan menjadi tukang punggung, tantangannya adalah bagaimana membuat kuat.

I Wayan Lanang menyampaikan bahwa dengan visual yang dihasilkan sebuah kamera dan dipadukan dengan teknik pengambilan yang tepat, hal itu bisa menjadi jurus promosi paling ampuh untuk sebuah destinasi wisata. Fotografi punya peran penting dalam mengabadikan momen dan pemandangan yang menakjubkan, serta mempengaruhi persepsi dan minat wisatawan potensial.

Hetifah Sjaifudian menyampaikan bahwa peran fotografi dalam pariwisata diantaranya: mempromosikan destinasi, meningkakan daya tarik, meningkatkan informasi karena Foto-foto dalam bidang pariwisata tidak hanya menghadirkan keindahan visual, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk memberikan informasi kepada wisatawan.

“Foto-foto dapat menggambarkan fasilitas akomodasi, tempat makan, objek wisata, aktivitas pariwisata, dan informasi praktis lainnya yang membantu wisatawan dalam merencanakan perjalanan mereka” Tegas Politisi Golkar ini.

Hal lain yang penting tentu saja terkait mempromosikan Budaya Lokal, meningkatkan keterlibatan wisatawan, dan menciptakan kenangan. Dengan demikian, fotografi memainkan peran penting dalam promosi, dokumentasi, dan mempengaruhi persepsi wisatawan terhadap destinasi pariwisata” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *