KPU Kutai Timur Beberkan Jumlah PPK dan PPS yang Dibutuhkan Jelang Pilkada 2024

SANGATTA – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kutai Timur telah dimulai sejak 2 hari lalu dengan peluncuran maskot sepasang singa sebagai tandanya. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Timur, Siti Akhlis Muafın, mengatakan bahwa pilkada di Indonesia kali ini dilaksanakan secara serentak.

Setelah peluncuran maskot, sesuai Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, 5 Mei merupakan tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan.

“Kami juga tengah melaksanakan pembentukan badan Ad-hoc, mulai dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) hingga PPS (Panitia Pemungutan Suara),” jelasnya, Senin (6/5/2024).

Lanjutnya, saat ini sedang berlangsung tahapan pengumuman administrasi calon PPK se-Kutim dan dibukanya pendaftaran untuk PPS se-Kutim. Informasi tersebut dapat diakses melalui scan barcode pada akun media sosial KPU Kutai Timur. Tidak hanya itu, KPU juga membutuhkan 5 anggota dan kesekretariatan untuk masing-masing PPK serta 3 anggota untuk masing-masing PPS, yang akan membantu pelaksanaan Pilkada 2024.

“Kebutuhan anggota yang dimaksud adalah 5 orang untuk setiap 18 Kecamatan (90 orang), dan untuk PPS 3 anggota untuk setiap 141 desa (423 orang),” paparnya.

Ia berharap adanya sinergitas antara stakeholder dan masyarakat agar Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar, dan tahapannya dapat dicek secara berkala melalui akun media sosial resmi KPU Kutai Timur.(adv/shn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *