Kutai Timur Siapkan Potensi Sektor Penunjang untuk Mendukung IKN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) tengah fokus pada persiapan sebagai salah satu daerah superhub (penyokong) bagi Ibu Kota Nusantara (IKN). Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang, menyatakan bahwa akhir tahun lalu Kutim ditetapkan sebagai superhub ekonomi bagi IKN.

“Ia menjelaskan bahwa setiap forum diskusi dan rapat selalu mempertimbangkan fasilitas-fasilitas sektor yang berpotensi sebagai penunjang IKN. Dengan tidak termasuknya bidang pertambangan sebagai potensi terbesar, Pemkab Kutim kini mencari potensi lain yang dapat mendukung perekonomian di IKN, seperti pertanian, industri, dan pariwisata.”

“Meskipun masih dalam tahap penelitian potensi yang dapat mendukung IKN, Pemkab Kutim bertekad untuk bekerja cepat dan cermat dalam memastikan sektor-sektor yang dapat dijual mendukung IKN di Kalimantan Timur.”

“Kasmidi juga menyoroti potensi sektor pariwisata, luas wilayah yang memadai untuk pembangunan infrastruktur, serta kontribusi sektor pertanian dan kelautan dalam mendukung IKN. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur berencana untuk melakukan seleksi sektor-sektor yang akan mendukung IKN, yang diharapkan dapat beroperasi pada pertengahan tahun ini(adv/shn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *