Masih Kekurangan Tenaga PPL, Wabup Kutim Kasmidi Minta Setiap Desa Harus Ada

BERITAHARIANKALTIM.com –SANGATTA – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan peternakan Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Dyah Ratnaningrum ungkap Kutim miliki 265 PPL, yang terdiri dari PNS berjumlah 114 orang, TK2D 124 orang, P3K 23 orang dan THLPB 5 orang.

Dirinya juga menyampaikan di tahun 2022 lalu pihaknya mendapatkan bantuan dana oprasional sebesar Rp1 miliar yang diperuntukan untuk bantuan biaya transport para PPL Kutim.

“Di tahun 2023 ini kita mendapatkan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Provinsi Kaltim melalui Dinas Pangan dan Hortikultura sebesar Rp1,25 miliar,” ucapnya.

Selanjutnya dirinya berharap alokasi anggaran melalui Bankeu tersebut bisa lebih meningkat, hal ini mengingat Kutim memiliki jumlah terbanyak PPL.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang yang juga sebagai Ketua DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) meminta untuk PPL yang ada terus berkoordinasi.

“PPL saat ini sudah ada perubahan yang luar biasa, karena kita juga rutin menggelar rapat demi rapat, dan disetiap kunjungan PPL selalu hadir,” ujar Kasmidi.

Kasmidi mengatakan dirinya banyak mendapatkan respon positif dari para kelompok petani, karena sekarang PPL sudah rajin turun kelapangan.

Namun, untuk di Kutim PPL yang ada masih cenderung sedikit jika dibandingkan dengan 139 desa yang ada.

“Sedikit sekali PPL kita yang berada di kecamatan, nanti kita akan coba penuhi sesuai dengan kebutuhan. Diharapkan jangan ada lagi satu PPL mengurus dua sampai tiga desa, kalo bisa satu desa wajib satu PPL agar petani betul-betul bisa kita kawal,” tandasnya.

Ket foto: Ilustrasi tenaga PPL yang bakal dilakukan penambahan dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *