Pandemi Belum Berakhir Bupati Belum Izinkan Expo dan Pasar Malam

Beritahariankaltim.com, Sangatta – Pada Rapat Satgas Covid-19 Dibahas persiapan Kutai Timur menjelang perayaan Natal dan libur tahun baru 2022, meskipun belum ada instruksi secara khusus untuk menyambut Nataru dimasa pandemi tahun ini, Posko Utama BPBD Kutim, pada Selasa (30/11/2021).

Lantaran belum ada petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat, maka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman ditemui usai rapat mengaku, belum dapat memutuskan apakah ada pembatasan masyarakat. Atau ada syarat-syarat tertentu bagi masyarakat yang masuk dan keluar Kutim atau tidak.

Meski demikian, Pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi munculnya klaster penularan Covid-19 dimasa cuti natal dan tahun baru. Mengingat dibeberapa negara di dunia telah bermunculan beberapa varian baru virus Covid-19.

“Butuh kerjasama semua pihak, tapi untuk pastinya kita akan memberlakukan seperti apa nantinya, kita menunggu instruksi dari Pusat,” Jelasnya.

Bupati menyebut hingga kini pihaknya belum melakukan pembatasan-pembatasan secara khusus untuk masyarakat yang menuju ke wilayah Kutai Timur. Meski demikian, bukan berarti tidak mungkin pembatasan berupa penyekatan di pintau masuk akan kembali dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Untuk menghindari kegiatan yang dapat mengumpulkan masa di akhir tahun 2021 ini, Satgas menyepakati beberapa kegiatan seperti pasar malam maupun expo tidak mendapatkan izin. Adapaun izin yang diberikan untuk kegiatan yang sesuai dengan aturan dalam PPKM Level 2. Seperti pernikahan, rumah makan, fasilitas olahraga hingga sekolah dengan ketentuan hanya 50% dari daya tampung.

“Nah kemaren yang dibatasi itu, itu pasar malam karena waktunya beberapa hari bahkan sampai setengah bulan oleh Polres tidak diberikan izin,” ujar orang nomor satu di Kutim tersebut.

Sebagai bentuk antisipasi dini Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menjelang Natal dan Tahun Baru, maka lokasi karantina mandiri di SMAN 2 Sangatta Utara disiagakan. Begitu juga dengan mess untuk tenaga kesehatan yang terletak di gedung Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim hingga akhir tahun akan tetap difungsikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *