Pembangunan Long Mesangat dan Busang Prioritas

LONG MESANGAT – Long Mesangat dan Busang menjadi Kecamatan terakhir rangkaian kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) tahun 2023. Mengambil tema “Penguatan Struktur Ekonomi Guna Mendukung Perekonomian Daerah” dibuka langsung Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Gedung BPU Kecamatan Long Mesangat, Jumat (3/3/2023).

Tampak hadir, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Kepala Bappeda Kutim Noviari Noor, dan beberapa perwakilan Kepala OPD, Anggota DPRD, Camat Long Mesangat Rapichin, Plt Camat Busang Laden Sibarani, Forkopimcam, perwakilan stakeholder, Kepala Desa dan RT serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah mengatakan tahun 2023 ini untuk Kecamatan Long Mesangat diberikan anggaran sebanyak Rp 42,338 miliar dengan jumlah paket kegiatan 123. Sedangkan Kecamatan Busang anggarannya sebanyak Rp 8,130 miliar terdiri dari 39 paket kegiatan.

“Insyaallah sebentar lagi jalan poros ini (jalan poros Long Mesangat) kita akan cor sepanjang 7 kilometer,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia meminta kepada para kepala dinas atau OPD terkait untuk memperhatikan 2 kecamatan ini (Long Mesangat dan Busang). Karena masih minim infrastruktur.

“Karena saya sudah bolak-balik di wilayah ini. Kemarin saja ke Busang lewat jalur darat 3 jam dari Desa Kelinjau Ulu sampai Long Lees yang seharusnya hanya 2 jam,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan Bappeda Kutim Idam Kholiq menyampaikan konsep rancangan RKPD 2024 meliputi Sumber Daya Manusia (SDM), berdaya saing, penguatan Ibu Kota Negara (IKN), industri kecil menengah, sektor unggulan di tiap desa, investasi yang kondusif, keberlanjutan infrastruktur dan kesiapsiagaan ekonomi.

“Isu-isu strategis ekonomi Kutim yang perlu kita perhatikan di antaranya adalah capaian investasi. Tahun 2022 investasi kita sudah mencapai Rp 12,48 triliun. Artinya daerah kita ini diminati oleh investor,” jelasnya.

“Untuk Busang itu 69 usulan meliputi pemerintah dan pembangunan manusia 23 usulan, infrastruktur dan kewilayahan 28 usulan, perekonomian dan sumber daya alam 18 usulan. Itu yang kemarin yang sudah terekam di dalam SIPD,” urainya.

Sebelumnya, Camat Long Mesangat Rapichin mengucapkan selamat datang kepada Bupati Ardiansyah beserta rombongan di Musrenbangcam Long Mesangat dan Busang.

“Pada kesempatan ini, kami mohon kepada bapak bupati kiranya bisa dibangunkan kantor camat baru maupun balai pertemuan umum (BPU). Karena saat ini yang kita tempati ala kadarnya,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *