Pemkab Kutim Anggarkan Rp 15 Miliar-Bonus Atlet Peraih Medali Porprov Kaltim

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) telah mengalokasikan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 15 miliar. Untuk bonus bagi atlet peraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur (Kaltim) 2022 lalu.

“Pemkab telah menganggarkan (total) Rp 15 miliar dari APBD Tahun Anggaran 2023, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kutim untuk atlet peraih medali dan pelatih cabang olahraga,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kutim Basri di Ruang Kerjanya, Rabu (8/3/2023).

Menurut Basri, saat ini sedang disusun formula pembagian bonus tersebut. Karena meskipun anggarannya sudah ada, tapi sampai sekarang belum ditentukan besarannya. Yakni berapa nilai total untuk peraih medali emas, perak dan perunggu. Dia berharap pembagian bonus akan dilakukan pada semester pertama tahun ini. April atau paling lambat Juni tahun ini. Namun sebelum itu, calon penerima bonus harus memenuhi syarat administrasi dan validasi data. Termasuk ketetapan pengurus besar (PB) sebagai penerima piagam Porprov Berau.

“Dan ini bukan hanya Kutim, namun semua kabupaten dan kota se-kaltim masih menunggu piagam dari PB. Selain ketetapan piagam, juga dibutuhkan fotokopi KTP yang dilegalisir,” jelas Basri.

Apabila semua syarat sudah terpenuhi, nantinya bonus akan didistribusikan melalui rekening. Dengan cara ini, dipastikan tidak ada potongan apa pun, kecuali pajak. Karena memang sudah menjadi aturan. Ada pun rencana bonus yang akan diberikan sesuai dengan penyampaian pemerintah. Yaitu Rp 40 juta bagi peraih emas, Rp 20 juta bagi peraih perak serta senilai Rp 10 juta peraih perunggu.

Namun ada juga wacana, bonus akan disamakan nilainya dengan bonus Porprov tahun 2018, Rp 50 juta untuk emas, Rp 25 juta untuk perak dan Rp 15 juta medali perunggu. Sementara untuk atlet peraih lebih dari satu medali, juga masih dirumuskan. Bukan hanya atlet, pelatih juga akan mendapat bonus, namun belum dipastikan berapa nilainya.

Untuk diketahui, pada Porprov Kaltim 2022 di Berau, Kontingen Kutim berhasil bertengger di urutan 4. Dengan medali emas sebanyak 125 medali emas, 140 perak dan 176 perunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *