Pengurus FKUB Periode 2021-2024 Dikukuhkan, Kasmidi Harapkan Jadi Perekat Umat Beragama

Beritahariankaltim.com, Sangatta – Wakil Bupati hadiri Pengukuhan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di ruang rapat Badan Kesbangpol Kabupaten Kutai Timur.

Sebanyak 17 anggota kepengurusan FKUB periode 2021-2024 dikukuhkan langsung oleh Wakil Bupati Kutai Timur Dr. H. Kasmidi Bulang, ST, MM pada Rabu (29/9/2021) pagi.

Turut hadir juga oleh Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kutai Timur H. Nasrun, MH, Perwakilan Polres Kutim, Kodim 0909/Kutai Timur, dan bener tamu undangan lainnya.

Dalam hal ini, Wakil Bupati Dr. H. Kasmidi Bulang, ST, MM mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh FKUB dalam mewujudkan keharmonisan serta Kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Kutai Timur.

“Seperti kita ketahui FKUB sudah menjalankan program kerjanya dengan baik. FKUB adalah partner (mitra) pemerintah dalam hal menjaga kerukunan umat beragama di kabupaten Kutai Timur,” ungkapnya.

Dr. H. Kasmidi Bulang, ST, MM saat memberikan sambutan

Dr. H. Kasmidi Bulang, ST. Mm juga menyampaikan bahwa FKUB merupakan wadah berkumpulnya orang-orang tua serta tokoh-tokoh pemuka lintas agama karena mengedepankan program kerja dengan kegiatan sosial.

Dirinya berharap kepengurusan FKUB yang baru dikukuhkan bisa terus bermitra dengan pemerintah daerah. Khususnya berperan menjadi perekat umat beragama. Serta wadah solutif terhadap permasalahan umat beragama yang ada di Kutim.

“Mari kita bersama-sama menjaga rasa kebersamaan, toleransi antar umat beragama dan kondusifitas di Kabupaten Kutai Timur ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama pula, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Suko Buono menjelaskan menjelaskan beberapa hasil kerja FKUB kepengurusan sebelumnya.

FKUB Kabupaten Kutim sudah membentuk Pemuda Lintas Agama (Pelita), Pemuda Sadar Kerukunan di Desa Swarga Bara. Selanjutnya juga membentuk FKUB di 15 Kecamatan yang berada di Kutim.

Proses penguhan kepengurusan FKUB

“Tinggal 3 kecamatan yang belum. Yakni Sandaran, Karangan dan Busang. Kalau tidak ada halangan insyaAllah tahun ini akan terbentuk,” sebutnya.

Selanjutnya Suko buono yang juga menjabat sebagai Ass 1 berharap dengan pengukuhan ini pengurus FKUB periode 2021-2024 dapat langsung mejalankan amanah yang diberikan dengan baik. Membangun komunikasi yang baik untuk menciptakan kerukunan umat beragama.

Sesi foto bersama usai pengukuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *