Perusda TTB Kutim Beroperasi hingga di Kecamatan Karangan Kutim, 2,4 Ribu Jiwa dari Tiga Desa Nikmati Air Bersih

Beritahariankaltim.com, SANGATTA – Kecamatan Karangan merupakan kecamatan paling utara di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan jarak tempuha mencapai 5 jam dari pusat pemerintahan daerah.

Namun jarak yang jauh ini tidak menjadi alasan bagi Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Tuah Benua (TTB) untuk memberikan pelayanan.

Melalui Perusda TTB Unit Karangan, sudah ada 480 sambungan pelayanan air minum rumah yang tersebar di Desa Karangan Dalam, Karangan Ilir dan Karangan Seberang.

Kepala Unit Karangan, Basir menjelaskan bahwa sumber air baku yang dialirkan ke rumah-rumah pelanggan berasal dari Sungai Karangan.

“Sumber air baku kita peroleh dari Sungai Karangan. Kemudian dialirkan menggunakan sistem pompa ke 480 pelanggan kita,” ujarnya.

Kendati tidak cuma mengalirkan air ke rumah penduduk saja, pihak Perusda TTB juga melakukan peningkatan pelayanan seperti penambahan pipa jaringan utama.

Pada tahun 2019 lalu, Perus TTB Unit Karangan sudah menambah jaringan pipa sebanyak kurang lebih 11,5 meter.

“Penambahan pipa jaringan ini untuk Desa Karangan Ilir dan Desa Karangan Seberang,” ucapnya.

Kemudian, Unit Karangan juga mengikutsertakan warga dalam program hibah air minum perkotaan dari pemerintah pusat.

Kini, perusahaan daerah tersebut sudah memberikan pelayanan administrasi mencapai 18,76 persen, sedangkan cakupan pelayanan Teknis sebesar 55,45 persen.

“Perusda TTB Unit Karangan memiliki kapasitas pengolahan 5 liter per detik dan dialirkan ke 480 pelanggan atau kurang lebih 2,4 ribu jiwa,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *