Realisasi APBD 2024 Kutim Kisaran 12,63 Persen

Realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Kutai Timur pada triwulan I tahun 2024 mengalami peningkatan signifikan dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, realisasi APBD hanya mencapai 1,5 persen, sementara pada tahun 2024 mencapai kisaran 12,63 persen.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Insan Bowo Asmoro, menyatakan bahwa meskipun target realisasi APBD pada triwulan I seharusnya adalah 15 persen, capaian tersebut sudah dianggap cukup baik. Peningkatan realisasi ini juga dipengaruhi oleh aplikasi TEPRA (Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran 2024), yang telah diperbaharui pada level operator. Hal ini diharapkan dapat memudahkan dalam pelaporan, evaluasi, dan pengendalian keuangan.

Rencananya, radalok selanjutnya akan dilaksanakan pada triwulan II bulan Juli 2024 dengan evaluasi terhadap target-target yang telah ditetapkan. Secara keseluruhan, program dan pengelolaan keuangan di Kutai Timur telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Insan Bowo Asmoro berharap agar pada triwulan kedua, target realisasi APBD sudah mencapai 40 persen. Semoga target tersebut dapat tercapai demi kemajuan Kabupaten Kutai Timur.(adv/shn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *