Sebanyak 63 Kepala Desa di Kabupaten Kutai Timur Akan di Lantik

Beritahariankaltim.com, Sangatta – Beberapa hari lagi, kepala desa terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang dilaksanakan pada Oktober lalu akan segera dilantik.

Pelantikan akan dilangsungkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutim.

Hal tersebut dibeberkan langsung oleh Kepala DPMD Kutim, Yusriansyah. Ia menyampaikan jika dalam tahapan Pilkades serentak 2021 di Kutim, pelantikan telah dijadwalkan pada akhir bulan November 2021 ini.

“Pelantikan Kades terpilih akan digelar pada tanggal 29 November 2021, pukul 09.00 WITA di Gedung Serba Guna,” ujarnya, Sabtu (27/11/2021).

Sebanyak 62 desa yang tersebar di 16 Kecamatan se Kabupaten Kutim telah mengikuti Pilkades kemarin, sehingga terdapat 62 Kades terpilih yang mengikuti pelantikan.

Selain itu, terdapat tambahan satu Kades Pengganti Antar Waktu (PAW) yang nanti mengikuti pelantikan sehingga total ada 63 Kades yang dilantik.

Yuriansyah mengungkap bahwa dari hasil Pilkades serentak 2021 di Kutim kemarin, sempat ada beberapa desa yang mempersalahkan kandidat yang memenangkan pemilihan.

Namun persoalan ini telah diatasi dengan mengadakan rapat ditingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten dan diputuskan 62 Kades tersebut dilantik.

“Jika memang ada pihak-pihak yang merasa keberatan dan tidak puas dengan hasil Pilkades itu, mungkin bisa menempuh jalur-jalur hukum yang lain,” bebernya.

Dirinya berharap, nantinya tahapan Pilkades dapat berjalan lancar dan sukses dalam suasana yang kondusif hingga kepada akhir tahapannya yakni pelantikan.

“Atas nama pemerintah saya mohon dukungannya agar pelantikan Kades serentak pemilihan tahun 2021 dapat terlaksana dengan baik dan tidak ada satu halangan apapun,” pintanya.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *