Wabup Kasmidi Dukung Cabor Kompetisi Panco oleh PBFI Kutim

BERITAHARIANKALTIM.com –SANGATTA –Pengurus Persatuan Binaraga Fitnes Indonesia (PBFI) Cabang Kutai Timur (Kutim) menggelar Gulat Tangan (Panco) yang bertemakan “Buktikan Kamu Laki-laki” yang diadakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Sangatta Utara, Kutim, Sabtu (22/07/2023).

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Menghadiri serta membuka langsung kegiatan tersebut, turut hadir pula Camat Sangatta Utara Hasdiah Dohi, Ketua KONI Kutim Rudi Hartono dan unsur Forkopimda serta para peserta.

Ketua Panitia, Firman menyampaikan bahwa peserta berasal dari beberapa daerah diantaranya Balikpapan, Samboja, Kukar, Samarinda dan Kutim sendiri.

“Alhamdulillah dari target yang kita ingin capai untuk seluruh peserta dari target 100 hari ini ada 58 peserta yang siap untuk bertanding,” ucap Firman.

Ketua PBFI Eka Ayu dalam kesempatan itu, berterima kasih kepada Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang, karena dukungan orang nomor dua di Kutim acara itu bisa terlaksana.

“Dan juga kepada rekan-rekan Dispora serta KONI yang telah bekerjasama selama kurang lebih satu bulan hingga acara ini dapat terselenggara,” ucap Eka

Mewakili komunitas panco yang ada di Kutim Eka berharap, kedepannya kegiatan itu bisa dijadikan sebagai event atau agenda rutin tahunan. Mengingat tingginya animo peminat dari cabang olahraga (cabor) gulat tangan ini di Kutim.

Untuk diketahui, dalam turnamen ini ada 3 kategori, yaitu umum, TNI/POLRI dan Kidal. Masing-masing kategori ini memiliki kelasnya tersendiri dengan total 10 kelas. Seperti kategori umum ada 6 kelas, TNI/POLRI ada 2 kelas dan kidal 2 kelas.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan pemerintah memberikan apresiasi semua bidang olahraga dan tidak bisa dipungkiri tahun ini hampir separuh kegiatan cabang-cabang olahraga sudah bergerak.

“Ini menandakan bahwa kita (pemerintah) memberikan kesempatan kepada cabang-cabang olahraga untuk melaksanakan event dan turnamen sehingga cabor itu hidup,” ucap Kasmidi.

Ia juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim sudah memberikan anggaran dam fasilitas yang memadai kepada setiap cabor untuk melaksanakan program kegiatan.

Dirinya juga menjelaskan bahwa olahraga ini merupakan olahraga rekreasi yang dinaungi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kutim.

“Meski event gulat tangan ini baru pertama kali di adakan, tapi kita berharap olahraga gulat tangan ini menjadi ikon Kutai Timur kedepannya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *